Sabtu, 05 Maret 2016

Resep Chiffon Cake Ketan Hitam

Resep Chiffon Cake Ketan Hitam

Bahan - Bahan :
  • 67 gram Tepung Ketan Hitam (saya pakai merk Merbabu)
  • 33 gram Tepung Terigu Protein Rendah (kalau tidak ada tepung protein rendah, bisa dengan mencampur tepung terigu protein sedang + sedikit maizena)
  • 1 sdt Baking Powder (akan lebih bagus kalau pakai baking powder double acting)
  • 35 gram Gula Pasir
  • 1/4 sdt Garam
  • 5 buah Kuning Telur
  • 30 gram Minyak Sayur
  • 100 gram Santan Kental (saya pakai Kara)
  • 1 sdt Vanilla Extract / 1/2 sdt Vanilla Essence / 1/4 sdt Vanilla Powder
  • Meringue:
  • 5 buah Putih Telur
  • 85 gram Gula Halus
  • 1/3 sdt Cream of Tar Tar atau 1/2 sdm Air Jeruk Nipis / Air Jeruk Lemon

Cara Membuat :
  1. Pisahkan kuning telur dan putih telur. Pastikan wadah untuk putih telur dan kuning telur benar-benar bersih dan kering. Saat memisahkan putih dan kuning telur, jangan sampai ada setitik pun kuning telur yg masuk ke dalam putih telur, krn putih telur tidak akan bisa kaku jika terkena kuning telur.
  2. Panaskan oven pada suhu 170 derajat celcius. Siapkan loyang khusus untuk chiffon cake, pastikan bersih dan kering, tidak perlu dioles atau dialasi apapun.
  3. Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung ketan hitam + tepung terigu + baking powder + gula + garam. Lalu aduk sampai rata menggunakan balloon whisk
  4. Buat sumur di tengah, masukkan kuning telur + minyak + santan + vanilla. Campur sampai rata. Aduk sebentar saja, jangan terlalu lama diaduk.
  5. Setelah tercampur rata, sisihkan.
  6. Masukkan cream of tar tar atau air jeruk nipis ke dalam kocokan putih telur. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga soft peaks (tahap dimana putih telur mengembang berbusa berwarna putih tetapi ketika diangkat masih terkulai lembut, tidak kaku). Lalu masukkan gula dalam 2 tahap. Kocok hingga stiff peaks (tahap dimana putih telur kaku. Apabila mangkoknya diterbalikkan, tidak jatuh)
  7. Masukkan meringue ke dalam adonan tepung dalam 3 tahapan. Aduk balik dengan spatula dengan lembut, aduk sampai tercampur rata, jangan sampai ada adonan putih telur yg tidak tercampur. Krn putih telur yg tidak tercampur ketika akan di bake akan tetap bentuknya putih. Aduk rata tapi jangan sampai over mix. Kalau terlalu lama mengaduk, busa dan volume yg sudah terbentuk pd putih telur akan berkurang. Tuang adonan ke loyang, ratakan permukaan atasnya, lalu bake selama 40-50 menit. Untuk suhu oven disesuaikan dengan oven masing-masing. Saya memakai oven listrik cosmoven, pakai api atas dan bawah, dengan suhu 170 celcius pada 15 menit pertama, lalu saya turunkan menjadi 160 celcius. Bake sampai matang, lakukan test tusuk, apabila tidak ada adonan yg menempel pada lidi berarti sudah matang. Kalau masih ada adonan yg tertinggal pada lidi, tetapi permukaan atas kue sudah coklat, cover bagian atas dengan aluminum foil, lalu bake sampai matang.
  8. Setelah matang, keluarkan dari oven.
  9. Langsung balikkan loyang dan topang bagian tengahnya dengan botol kosong. Diamkan sampai dingin.
  10. Setelah dingin, lepaskan cake dr loyang dengan cara menyisir bagian pinggir, tengah dan bawah loyang dengan menggunakan pisau, lalu potong - potong, sajikan

Demikianlah informasi mengenai resep Chiffon Cake Ketan Hitam yang dapat admin sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar