Jumat, 22 November 2013

Resep Katte Tong a.k.a Lidah Kucing + Luwak White Coffee

Resep Katte Tong a.k.a Lidah Kucing + Luwak White Coffee

Bahan - Bahan :
  • Bahan I :
  • 100 gr butter / margarin (jika mau kombinasi keduanya, perbandingannya 1:1)
  • 60 gr gula pasir (diblender kering)
  • 1/3 sdt vanili bubuk
  • 1 butir kuning telur
  • Bahan II :
  • 10 gr susu bubuk (krn tdk pny stok saya ganti dgn white coffe 1/3 bks)
  • 85 gr tepung terigu protein rendah (saya pake segitiga biru)
  • Bahan III :
  • 1 Butir Putih telur

Cara Membuat :
  1. Blender gula pasir, rada ribet sih krn gulanya sedikit jd harus dimiring2in / digoyang blendernya. Ati2 ngerjainnya yaa
  2. Biar ga grasak grusuk ngerjainnya, siapin semua bahan & perabotannya dulu termasuk mulai panasin oven dg api kecil.. Aku pakai otang alias oven tangkring. Di gambar, loyang aku pakein margarin + tepung, tp nempel semua cyiin itu katte tong, akhirnya di loyang ke-2 sd ke-5 aku alasin aja pake kertas roti, langsung semprot tanpa harus ngoles2 margarin (kertas roti murah kok, dijual dr harga Rp.500an)
  3. Eksekusi bahan I, mikser dengan speed sedang sampe lembut, pucat & ngembang (aku pake mixer phillip cucina, kurleb 5 menitan)
  4. Pastikan tepung & susu/kopinya ga bergerindil ya, sukur2 sih diayak tp aku mah malesan orangnya :P Masukkan bahan II ke wadah Bahan I, aduk rata dengan teknik aduk balik (sempilin spatula plastik dibawah adonan trus dibalik) jangan lebay ngaduknya, asal kecampur aja
  5. Lanjut kerjain bahan III, dengan wadah lain, mikser dengan kecepatan sedang sampai kaku putih (ga itung berapa menit)
  6. Masukkan bahan III ke bahan utama, campur rata dg teknik aduk balik lg (bagian ini aku hati2 bgt, ngeri udara dalam adukan putih telurnya ilang kalo terlalu bertenaga ngaduknya) (maap lupa foto :P) Masukan semua adonan ke plastik kiloan, ikat plastik & potong kecil bagian bawah plastik, lalu semprotkan ke atas kertas roti, beri jarak 5cm.an krn akan melebar saat dipanggang (di foto itu loyang pertama, masih kelebaran jaraknya, aslinya bisa bikin 30an semprotan)
  7. Oven pastiin udah di suhu 150 derajat celcius ya ! Api biarkan tetap kecil asal suhu stabil 140-150 celcius. Taruh loyang di bagian tengah, bagian bawah aku taruh loyang kosong alih2 supaya panasnya ga nampol loyang adonannya langsung, di menit ke 10 cek kue, jika kue di bagian oven dalam lebih cepat kecoklatan langsung putar loyang supaya matang merata, lanjut oven selama 5-7 menit) sesuaikan dg keadaan, bagian pinggir agak coklat berarti sudah matang
  8. Keluarkan dari oven, angkat kue dari kertas roti saat sudah mulai adem & mengeras. Beres deh :)

Demikianlah informasi mengenai resep Katte Tong a.k.a Lidah Kucing + Luwak White Coffee yang dapat admin sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar