Jumat, 01 Februari 2008

Resep Cheesy Pound Cake

Resep Cheesy Pound Cake

Bahan - Bahan :
  • 175 gr terigu serba guna, ayak, sisihkan
  • 175 gr gula pasir
  • 5 butir telur suhu ruang
  • 50 gr keju cheddar, parut kasar
  • 200 gr margarine, lelehkan, dinginkan
  • 1/8 sdt garam

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven.
  2. Olesi loyang tulban, loyang yang memiliki lubang di tengah, dengan margarine. Taburi dengan terigu. Ratakan, sisihkan. Penggunaan loyang tulban saya rasa perlu karena loyang ini memungkinkan persebaran panas yang maximal pada adonan cake sehingga cake akan matang sempurna. Tapi jika anda tidak mempunyai loyang tulban tentu saja bisa diganti dengan loyang biasa.
  3. Pecahkan semua telur ke dalam mangkok mixer, masukkan gula dan garam. Kocok dengan kecepatan tinggi sampai putih dan mengembang. Jika sudah terlihat kental dan berjejak, kurang lebih 10 menit dengan mixer biasa, turunkan kecepatan mixer menjadi yang terendah.
  4. Masukkan berselang-seling antara tepung terigu dan margarine cair. Pastikan yang pertama dimasukkan adalah terigunya, dan yang terakhir dimasukkan adalah juga terigunya. Jadi masukkan terigunya sekitar 1/4 bagian lalu masukkan margarine cair, lalu terigu lalu margarine cair demikian sampai margarine habis, baru masukkan bagian akhir dari terigu. Pastikan juga untuk mengaduk rata terigu dengan adonan dulu sebelum memasukkan margarine cairnya, demikian seterusnya. Tapi jangan over mixing ya, nanti bantat. Jika bagian terigu terakhir sudah masuk, kocok sebentar, sekitar 30 detik saja lalu matikan mixer. Masukkan 3/4 bagian parutan keju ke dalam adonan, aduk cepat menggunakan spatula.
  5. Ambil loyang tulban yang sudah diolesi margarine dan ditaburi terigu. Tuang adonan cake ke dalam loyang. Taburi dengan 1/4 bagian keju parut. Panggang dalam oven selama kurang lebih 45 menit. Cek dengan menggunakan lidi. Jika tidak ada adonan cake yang menempel pada lidi maka cheesy pound cake-nya sudah matang.
  6. Cake ini sungguh fluffy, lembut, gurih dan tidak terlalu manis. Sangat pas dinikmati di musim penghujan ini dengan ditemani kopi panas :). Selamat mencoba.

Demikianlah informasi mengenai resep Cheesy Pound Cake yang dapat admin sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar